Jumat, 26 September 2008

Kegunaan RSS

egunaan RSS

Saya tau, udah banyak bgt yg tau apa itu RSS, tapi saya juga tau masih banyak bgt yg blom tau Mungkin bagi yg blom tau, pernah coba cari2 di google atau search engine lainnya tentang penjelasan RSS, tapi ngga ngeh. Kenapa? mungkin bahasanya terlalu susah untuk dimengerti? Itu adalah kendala yg saya alami dulu, cari penjelasan dlm bahasa inggris, Indonesia, sama aja, tetep ngga ngeh. Kali ini saya akan coba menjelaskan dengan bahasa saya sendiri yg mudah2an lebih simpel dan contoh2nya.

RSS adalah simpel format yg akan memberitahukan website ketika mereka (pemilik web/blog) memiliki konten atau artikel baru. Banyak pemilih web/blog yg menggunakan fasilitas ini untuk memanjakan pembacanya. Daripada mengunjungi setiap saat untuk mengetahui apakah ada artikel baru di web/blog tersebut, akan lebih mudah jika pembaca memilih untuk berlangganan pada RSS si pemilik web/blog. Ketika ada artikel baru, artikel terbut akan dikirimkan ke RSS Reader si pembaca, bahkan melalui email (tergantung tipe berlangganannya).
“Penjelasan ini dikutip dari FeedDemon Tutorial, ngga ada linknya, bakal dapet kalo udah install FeedDemon”

Dari paragraf diatas, ada kata2 “RSS Reader”. RSS Reader adalah situs/aplikasi yg memudahkan kita sebagai pembaca untuk memiliki artikel2 baru dari bbrp web/blog yg telah kita pilih untuk berlangganan. Contohnya jika kita telah melakukan registrasi Google Reader, cukup dengan membuka Google Reader, kita bisa melihat apakah web/blog yg telah kita pilih untuk berlangganan memiliki artikel baru apa tidak. Tentunya ini bisa menghemat banyak waktu jika kita memiliki banyak web/blog faforit. Di halaman utama Google Reader akan terlihat bbrp web/blog faforit kita (sudah berlangganan) dan kita bisa membaca artikel2nya melalui Google Reader. Satu kemudahan lagi untuk pembaca, yg ditampilkan hanyalah artikelnya saja. Jadi bisa lebih enak karena banner2 iklan tidak akan tercantum didalam Google Reader (dampak negatif untuk pemilik web/blog yg memiliki banyak iklan).

Untuk RSS Reader, saya pribadi memilih NewsGator. Menurut saya NewsGator adalah RSS Reader yg paling nyaman untuk digunakan, dan lagi NewsGator memiliki aplikasi yg bernama FeedDemon. FeedDemon adalah software yg sangat berguna, gunanya adalah agar saya bisa membaca artikel2 faforit saya secara offline (tidak menggunakan koneksi internet). Tentunya itu adalah fasilitas yg sangat berguna.

Kenapa RSS itu penting untuk pemilik web/blog? Andaikan toko, toko tersebut akan lebih popular dan lebih dipercaya jika toko tersebut memiliki banyak pelanggan kan? Hal ini sama dengan pemilik web/blog memiliki banyak pelanggan merupakan suatu kebanggaan dan simbol seberapa sukses si pemilik web/blog tersebut. Bisa dilihat, blogger sukses memiliki banyak pelanggan setia yg bisa dilihat dari widget feedcount yg mereka pamerkan (biasanya) dibagian sidebar.

Untuk situs penyedianya, setau saya ada 2 yg paling popular, yaitu FeedBurner (Google) dan Feedblitz. 2 situs ini memiliki fasilitas yg bagus, dan lagi ini gratis! Jadi jika kamu blom memiliki feed dari FeedBurner atau Feedblitz, kenapa ngga daftarin web/blog kamu dan manjakan pembaca kamu agar mereka lebih senang untuk membaca artikel2 kamu?

dikutip dari http://www.bayuaditya.info

0 komentar:

Posting Komentar