Jumat, 19 September 2008

Bisnis Online

Mendengar kata Bisnis Online, rata-rata kita akan membayangkan sebuah Bisnis yang memanfaatkan kecanggihan Internet. Hal itu tidak salah karena memang saat ini hampir semua sektor usaha sudah memakainya. Contoh yang paling gampang adalah semakin banyaknya blog-blog yang memang ditujukan untuk mencari uang (Monetize Blog), walaupun banyak yang mengatakan itu adalah para Blogger sesat he..he..

Penggunaan blog untuk mencari uang dari internet bias dilakukan melalui banyak cara lho.. Antara lain melalui program Paid Review, Adsense siapa sih yang ga tau adsense, Link Program, Direct Ads, Paid to Click dll… Coba yah kita beberapa cara :
1. Paid Review, program ini memberikan job kepada kita untuk melakukan review terhadap suatu blog milik Advertiser. Review ini dipublikasikan di blog kita dan tentunya setelah disetujui oleh pemilik Paid Review. Biasanya semakin bagus Alexa dan PR blog yang kita miliki maka semakin tinggi juga Paid Review membayar kita.
2. Adsense, program ini akan membayar kita apabila ada pengunjung yang melakukan click pada iklan yang ditampilkan oleh pihak pemilik Adsense. Program adsense yang palin terkenal adalah Google Adsense dan sekarang mulai banyak muncul program Adsense lokal misalnya KumpulBlogger, Kliksaya dll..
3. Link Program, adalah program untuk berjualan link diblog kita. Semakin tinggi PR blog kita maka semakin tinggi juga harga link kita. Contohnya adalah Text Link Ads.
4. Direct Ads, adalah kita menyewakan space halaman diblog kita untuk menayangkan iklan dari pihak advertiser. Dikatakan direct karena kita langsung melakukan negosiasi dengan pihak advertiser tanpa ada perantara. Sebenarnya direct ads inilah yang paling dimpikan banyak blogger karena hal ini membuktikan bahwa blog kita sudah diakui eksistensinya.
5. Paid to Click, adalah program dimana kita dibayar untuk melihat iklan atau website tertentu yang sudah dientukan oleh pemilik program. Mungkin hampir sama dengan paid to surf. Beberapa tahun yang lalu program ini sempat booming, salah satunya 12DailyPro.com. Walaupun akhirnya bangkrut juga, padahal uangku masih ada yang nyantol disana :(
Dari semua program diatas kecuali Paid to Click membutuhkan sebuah blog bagus. Dalam hal ini bagus dari segi tampilan, konten dan tentu saya Pagerank tinggi dan Alexa Rank rendah. Tapi kalo menurut saya semua itu adalah dimulai dengal sebuah blog yang high traffic. Bayangkan jika anda memiliki blog dengan hit 10 ribu pengunjung perhari.. hmmm… saya yakin tiap bulan Google akan mengirimi anda ceknya senilai lebih dari 100 USD. Bagaimana cara membuat blog yang high traffic ? yah inilah yang harus kita pikirkan. Buatlah konten yang unik. Buatlah pengunjung tertarik untuk datang dan berla-lama diblog anda. Dimana pada akhirnya yang kita harapkan adalah klik pada salah satu iklan yang terpampang di halaman blog kita :)
Mungkin segitu dulu yah. Ntar disambung lagi. Sebagai info artikel ini dibuat untuk kontes di blog bang Fahry. Kali aja dapet kenang-kenangan. Matur Nuwun.

1 komentar:

vikhi mengatakan...

thnks buat infonya bo$$$...

Posting Komentar